Monday, April 18, 2011

Visiting Museum Fatahillah : Mystery of Batavia


Kota tua merupakan salah satu tempat favorite kami sekeluarga. Tempat yang unik dengan gaya kolosal kuno belanda, membuat kami cukup betah bila berlama-lama disini. Dari kegiatan kami berfoto-foto, Bermain sepeda ontel tua, sampai berlari-lari senang bak anak-anak yang terlepas di lapangan besar. Cukup menyenangkan.
Banyak hiburan yang bisa kita liat disini. Dari hiburan ondel-ondel, kuda lumping, melihat atraksi skate board dari sekumpulan anak-anak. Dan bisa juga di tempat ini menjadi ajang mejeng buat anak-anak muda dengan bergaya retro back to 60. Cukup menarik melihat cara berpakaian mereka , sangat menyesuaikan dengan tempat old to vintage.
Minggu lalu , suami mengajak kami semua untuk pergi ke kota tua, tapi kali ini bukan untuk berfoto-foto, tapi untuk mengunjungi Museum Fatahillah (*oiya selama kami berkunjung ke kota tua, kami tidak pernah punya kesempatan untuk masuk kedalam museum Fatahillah ...too bad ya.*). Suami sangat tertarik dengan testimonial yang di baca nya di internet. Mengenai Drama theater " Mystery Of Batavia ".
Setiba di kota tua, Kami membeli tiket masuk Museum. HTM Rp 2,000/Dewasa, Rp 600perak/Anak2. Wooow...kami sempat terkejut melihat harganya. Cukup Murahh sekaliiiii. Dan Anak-anak begitu senang berteriak-teriak , sudah tidak sabar untuk berexplore kedalam museum yang cukup besar tempatnya.

[ Dad try to explain the kiddos bout " TANJIDOR " History ]
Kesan-kesan kami tentang museum Fatahilla..cukup...Umm...cuma begini neh. Saya dan suami jadi lebih tertarik membicarakan kualitas dari museum kita dibanding dengan excitednya anak-anak dengan dunia baru yang baru mereka explore.
intinya cukup di sayangkan, museum ini tidak begitu terawat. Banyak barang-barang museum yang sedang dalam perawatan (*benarkah perawatan ??*). Dan banyak petunjuk arti dari sebuah barang yang tidak terupdate. Sehingga kami sempat bingung , sebenarnya apa yang ingin di sampaikan dari barang yang sedang di pajang ini. Dan saya juga sempat menyayangkan , bahwasanya orang indonesia memang tidak punya rasa memiliki yang tinggi dalam menjaga budaya dan barang-barang yang memiliki nilai historical yang mahal ini.
Sebenarnya kalau museum ini bisa di jaga lebih baik, di tata dengan rapih,kemudian di buat lebih menarik. Saya rasa dengan HTM yang di naikan lebih mahal sedikitpun , tetap orang-orang juga masih tertarik dan berniat untuk datang dan melihat-lihat.
Di negara tetangga harga tiket masuk kedalam museum juga terbilang lumayan pricey.Karena kita sangat paham memelihara budaya dan barang-barang bersejarah di butuhkan effort dan orang yang willing to do. tidak hanya putus sebatas menjaga dan membersihkan barang, tapi juga memberikan update-update terbaru tentang penemuan2 bersejarah yang baru. Segala sesuatu di bungkus lebih menarik, pasti akan mengundang orang lain untuk tertarik berkunjung.
Tapi kami sangat puas dan terkesima dengan pertunjukan yang di performance kan teater Koma, dalam menyuguhkan cerita yang bertema batavia tempo doeloe. Anak-anak di buat terkesima dengan penggunaan video mapping projection dimana proyeksi visual bisa berupa gambar, text , animasi bergerak. Kemudian seni pertunjukan teater yang menarik, mereka bisa berinteraksi aktif dengan penonton. Penonton bukan cuma menjadi penikmat, tapi juga bisa berpartisipasi aktif dalam pertunjukannya. oww..untuk tiket masuk menonton pertunjukan ini GRATIS !!!!. Jadi bagi yang ingin menonton bisa datang langsung kedalam Museum Fatahillah
" Museum Sejarah Jakarta " 15 maret- 15 mei 2011
setiap sabtu dari pukul : 4 sore
Setiap minggu dari pukul : 10 pagi - 2 siang.
So what are you waitting for ? Bawa anak-anak kita , untuk lebih mengenal budaya dan sejarah Batavia- Kota Jakarta ! Semoga dengan ini kita bisa memberikan pengertian kepada anak-anak kita untuk lebih menghargai budaya dan historical bangsa kita
:D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...