Friday, July 22, 2011

Mencoba Menggunakan metode " MIND MAPPING "

Methode mind mapping baru saya terapkan dalam methode belajar anak saya. Dan saya merasa methode ini sangat membantu proses belajar menghafal dan pemahaman anak saya. Tidak hanya dalam jangka waktu yang pendek.

Masih teringat jaman dulu kita sekolah , paket belajar satu malam, semua pelajaran di hafal mati. di telen idup-idup dimasukan ke dalam otak. Ke-esokan harinya ulangan semua di muntahkan di kertas ulangan, persis bulat-bulat seperti yang kita hafalkan subuh tadi. Titik dan koma pun tak ketinggalan percis seperti di buku. Tapi setelah keluar dari ruangan ujian, semua lupaaaaa...apa yang di pelajari semua tidak ada satu pun yang nyantol. kenapa ini bisa terjadi ???

Dikarenakan kita hanya memaksakan otak kiri kita . Rupanya otak kiri di identikan dengan angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan, terstruktur, analisa berjalan, matematis , sistematis linear . Dan Daya ingat otak kiri hanya bersifat sementara, hanya bisa menyimpan dalam waktu singkat. sedangkan otak kanan di identikan tentang kreativitas, khayalan, bentuk, ruang, emosi, musik , gambar dan warna , dan itu sifatnya long term, sifatnya lateral tidak berstruktur. tapi Daya ingatnya jangka panjang.

Anak saya sempat mengikut kelas tambahan, kebetulan minggu depan dia akan ada ujian science dengan topic " Body & 5 senses ". pada saat pulang kantor saya menanyakan gimana apa sudah bisa ?? dan anak saya berkata " susah mi, gak bisa hafal-hafal ". Langsung saya tengok buku les nya, dan saya melihat sistem pengajaran seperti dahulu adanya kita lewati. Anak saya di paksa menghafal text book , dan di test dia mesti menulis di buku.

Akhirnya saya mengatakan pada anak saya, saya berjanji akan mengajarkan kamu methode belajar yang benar, sehingga besar nanti kamu akan lebih mudah belajar mandiri tanpa perlu guru pembimbing tambahan pun kamu akan bisa.

Saya mengambil sebuah buku gambar besar. Dan saya bertanya padanya, hari ini thema nya its body, saya akan menggambarkan sosok orang, kira2 apa yang dia suka ? dia berteriak antusias " princess , mommy " . dia sudah mulai tertarik dan menanti-nanti gambar yang akan saya gambar nanti. Setelah saya menggambar, dia begitu menikmati. " wow cantik " (*padahal gambarnya jelek banget loh sumpah ! tapi anak-anak tanpa kita sadari visualnya sudah berjalan*).

Akhirnya saya meminta anak saya untuk menjabarkan apa yang ada di gambar tadi, Dia sempat berfikir sejenak, secara verbal dia dapat menyebut semua dengan benar, terkecuali daerah2 yang jarang kita sebut seperti " Ankle, Elbow, shoulder, Eyelashes etc ".

Akhirnya saya meminta dia untuk menuliskan dan membiarkan dia menyontek semua tulisan dan meletakan di tempat nya (*since dia masih belom hafal tulisan ya rumit seperti " shoulder etc " . Sambil dia menyalin. Saya kembali membuat satu gambar princess yang baru (*yang ini kayanya lebih bagus dikit deh. hi hi hi*).

setelah dia rampung menuliskan semua anggota tubuh tersebut. Saya meminta dia untuk mewarnai setiap tulisannya dengan warna-warni yang dia suka. Dia sangat having fun dengan kegiatan ini. Tanpa menyadari setiap kali dia mewarnai dia menyebutkan nama-nama yang jarang kita gunakan : Contoh " i want to color the "elbow" using red ". di dalam minded dia secara tak sengaja telah menangkap I Like Red , and Red is elbow.

AKhirnya setelah selesai mewarnai semua gambar tersebut. Saya meminta dia untuk menulis sekali lagi di kertas yang telah saya gambar di kertas ke2. Dan ajaibnya, dia bisa menuliskan semua tanpa perlu menyontek dan dia benar-benar having fun sambil menulis dia berfikir ahh warna tadi apa ya , ahh iya white itu skin. Dan dia menuliskan skin.
Tapi ada beberapa bagian yang sering dia lupa seperti " elbow" akhirnya saya mencoba membantu memvisualisasikan dengan menunjukan elbow saya, dan saya berkata tau elmo kan ? ya siku ini seperti elmo sebutannya tapi di ganti menjadi ELBOW. Dan akhirnya its work ! Dia benar-benar hafal di luar kepala. Tadi pagi dia sudah bisa berkata " mommy, Mike fall down and his elbow bleeding" Awwww..She is using elbow words already YaaaY..

Akhirnya saya melanjutkan pelajaran tentang 5 senses dengan methode yang sama. saya lupa memfotokan, cabang-cabang mapping yang kita buat. Disitu saya juga menggunakan gambar , warna dan peraga. Dan Its work ! We just need 30 Minute untuk belajar, Dan dia hanya merasa saya menemani dia menggambar. Dia sampai bilang " mom besok kita coloring begini lagi ya ". I said " Yes off course, with another topic off course ".

Intinya , Mind mapping lebih melatih anak kita untuk melibatkan kedua fungsi otak ( otak kiri dan otak kanan ). Ketidak seimbangan fungsi otak yang sering menghambat potensi belajar anak (yang sering kita ketemui hafal mati tapi tidak ada penalaran/pemahanannya*).

Untuk lebih jelas mengenai " mind mapping " methode bisa membeli buku karangan Tony Buzan. Disana lebih detail cara memaping otak kita. Dan yuk mari bersama-sama kita mengajari anak kita cara belajar yang benar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...