Friday, July 8, 2016

Tebing TerHITS Tebing Keraton


Akhirnya gw sekeluarga berhasil menikmati dan menyaksikan keindahan Tebing ekstrim, tebing social media aka tebing keraton ini.  Tebing yang sangat ngeHits di dunia sosmed, especially instagram dengan foto yang hampir semua sama, mencoba untuk ekstrim berdiri di bibir jontor tebing keraton. Dannn...kita juga gak mau kalah kekinian, dengan niat dan mental yang cukup. setelah browsing sana sini, things to do and dont sebelum berangkat kesana. ( yaa..im a kia-su mommy). dan ternyata itu sangat berguna setelah gw do sooooo many research (i know again..im lebay). sebelum kesana, gw makesure how to arrived that tanpa celingak celinguk dan di bohongin orang dipagi buta. jadi dengan persiapan yang cukup ...kita berangkat !!

Niatnya jam 4 pagi jalan menuju tebing hits ini, tapi apa daya mata masih berat dan berakhir kita berangkat jam 5 pagi, sambil kejar2an sunrise. Okay disini gw mau kasih tau, bagi kalian yang mau menyaksikan sunrise , makesure sampai di tebing keraton jam 5.30. Perjalanan menuju tebing keraton sendiri tidak jauh ( dari daerah masuk dago pakar ). Apabila di hitung dari MCDonald Dago sekitar 20menit. Karena kami tinggal di hotel satu komplek dengan dago pakar, untuk menuju ke sana terbilang cukup cepat, dengan 10menit kami tiba di tempat parkir tebing keraton .

Tebing keraton sebenarnya satu  kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, taman kota yang nyaman berada di dekat Kota Bandung. Kenapa tempat ini begitu HITS nya di socmed, ya karena tempat ini sangat dekat dengan kota bandung, dan gampang untuk di capai. dan pemandangannya gak kalah bagusnya. Nama tebing keraton ini juga sebenarnya baru di buat oleh seorang bapak bernama ASEP. yang dapat wangsit dari raja prabu , untuk di kasih nama wilayah ini "TEBING KERATON" yang sebelumnya sebenanrya namanya " KARANG JONTOR" eiya bener namanya KARANG JONTOR..karena emang kalo diliat kaya bibir jontor ha ha ha. Kemarin sempet2 nya kepo nanya ada pak asep nya gak yang fenomenal itu ...tapi sayang lagi gak ada ..lagi ke luar kota. Ya sapa tau aja, dikasih wangsit (eeaa..).

FYI, untuk sampai keatas tebing keraton, kita tidak bisa menggunakan mobil. mobil harus di parkir di bawah, dan untuk mencapai tebing keraton
- Kita bisa menggunakan ojek (sekitar 10", harga PP 50Rb, itu sudah tidak bisa di tawar di hari libur, mungkin bagi kalian yang berangkat di hari2 sepi, bisa nawar 30rban karena jaraknya gak terlalu jauh dari tempat kita parkir. tapi jalanannya rada rusak dan curam).

- Berjalan kaki sekitar 40menitan, dengan track yang lumayan jauh dah menanjak. tapi bagi kalian yang suka berjalan kaki dan sekalian mau berolah raga bisa aja. tapi makesure jalan lebih pagian, kalo tidak mau ketinggalan sunrise.

setelah tiba di atas, kalian akan di mintai tiket retribusi Rp 11rb/orang. Dan oiya sebelumnya di bawah mobil harus bayar Rp10rb.  Setelah membayar tiket retribusi , jalan dari depan pos tiket kedalam sekitar 500meteran. Tapi sepanjang perjalanan kita menuju atas tebing,  sudah disugguhkan pemandangan yang deadly very very beautiful. ahh indah banget...

setelah sampai di bibir jurang, kita bisa langsung foto2 deh. Disana lumayan rame, jadi untuk foto2 kita harus berganti2an. Bagi kalian yang ingin ekstream, bole juga melewati pagar dan foto di bibir jurang untuk dapat foto kekinian (tapi gw gakkkkkk..berani. takut booooo ). Jadi cukup di batas pagar sambil melihat2. Aiya ..jangan khwatir tebing keraton sekarang sudah di pager2in. jadi gak usah takut bisa saling jorok2an. tapi bagi kalian yang mau bawa mantan kesini juga boleh, sambil foto2 di jorokin dikit dah selesai (hehehe).



Bagi kalian yang mau bawa anak2, (ini serius!)  sebenarnya sih boleh2 aja, tapi melihat perjalanannya yang cukup tidak nyaman ( naik ojek / jalan kaki ), yaa...bisa aja. tetapi kalian harus lebih prepare aja.

ah...iya disana udara cukup dingin, jadi jangan lupa bawa jaket. dan yang paling penting jangan lupa bawa kamera (halaah).

Disana jangan khawatir kelaperan , abis nanjak capek trus udara dingin bikin perut laper, Banyak kok warung2 kecil disana , kalian bisa sambil nikmatin pop mie, goreng2an dan teh anget. jadi gak usah bawa bekal rempong2 ya.

Nah kalo dah Sampe disana, what can you do ?? (secara dah bayar mahal ojek 50rb + parkir 10Rb + uang retribusi 11rb) cuma buat foto2 aja 10menit kelar...ahhh rugiii atuhhhhhh... so disana ngapain donk ? secara gak ada ATV, permainan outboond (bisa sih bikin sendiri, uji nyali2 main jorok2an disana ) gampang .....  taro kamera atau handphone kalian, cari gundukan yang cukup tinggi ( spot di bawah menara kayu ada rumput2an yang gundukan nya cukup tinggi,bisa duduk disana ) sambil liat pemandangan ke depan, duduk ajah... gak usah motret2 mulu..nikmatin deh pemandangan di depan mata lo. duduk bareng temen2 atau keluarga sambil inhale exhale...nikmatin keindahan dan kebesaran Tuhan, dan terus mengucap syukur. sambil ngobrol2 dan ketawa2 dengan keluarga. Atau duduk freezeee aja nikmatin (dijamin di jakarta gak ada..jadi capture semua moment keindahan pemandangan ini dengan lensa mata lo, dan di simpan di memory otak looo ) ini dijamin lebih memberikan meaning lebih indah di perjalanan lu di Tebing keraton. So guys met enjoy the place yaa....


Ini ada cara jalan menuju Tebing keraton :
1. Dari Arah Mcdonald Simpang Dago (kalo gak tau google aja lah ya dimana itu berada ), luruuuuss aja ntar lewatin hotel sheraton ( dikiri), trussss...ntar lewatin lagi hotel Jayakarta ( dikanan).. trus ketemu deh Terminal Dago

2. Dari terminal dago ..ada jalan bercabang kan tuh.. ambil arah kanan yang kearah DAGO PAKAR ( mau ke arah the valley tapi belommm sampe belokan The VALLEY ).

3. Jalan sekitar 300Meteran , ada cagak dua, kiri ke dago , Nah kita tetep AMBIL YANG KANAN.

4. Nah ini patokannya , ada INDOMARET di kiri , ada belokan kiri ke arah TAMAN HUTAN , Kita BELOK KIRI, kalo teruskan ke arah cafe THE VALLEY dll itu.

5. Jalan terus, jalan makin menanjak, kecil tapi bagus jalannya, tar di kiri ada Gerbang TAHURA ( Taman Hutan ), terus ajaaahh.... nanti gak lama didepan ada jalanan KE KANAN ( ada tulisan BUKIT PAKAR UTARA ) banyak orang yang atur untuk parkir mobil. karena mobil gak boleh nanjak ke atas. jadi kita harus parkir di depan jalan. 

6. Dijalanan Kiri ada banyak ojek2 mangkal , disana akan di tawarkan oleh ojek mau naik keatas dengan tarif yang sudah di patok ( Ada tulisan Rp 50Rb PP ). Ini terserah kalian sih , tapi sudah di pastikan mobil tidak bisa naik ke atas, harus parkir di bawah. Bila kalian yang ingin sekalian olah raga, bole juga berjalan kaki dari pangkalan ojek ini sampe ke atas kurang lebih 2KM. (dengan medan jalan menanjak dan jalanan sendikit rusak)

kalo kalian sudah melewati pangkalan ojek ini , kalian sudah akan di suguhkan dengan pemandangan2 indah bukuit2 hijau dan rumah2 warga di lereng bukit, nanti gak lama masuk pemukiman warga. jalan terlihat berbelok kekanan, ikutin jalan aja terus, nanti dah abis lewatin pemukiman warga, gak jau dari sana ada belokan kiri, SANGAT CURAM , dan jalanan berbatu2  belok kiri , di belokan itu dah ada tulisan TEBING KERATON, dan tempat bayar tiket, bila naik ojek kalian akan di turunkan disana. 

7. Setelah membayar uang tiket masuk Rp 11rb, didalam sudah ada jalur yang sangat nyaman, jalanan sudah di gunakan paving block, dan aman karena sekarang sudah di pagar sampai ke viewing point.
And ..... WELCOME to tebing keraton ..and ENJOY

Semoga Blog ini dapat berguna bagi kalian yang ingin berjalan2 ke sana, And Please be a responsible traveler ya ...jaga keindahana alam ini, jangan di rusak dan dikotorin.
 
Love, 
Sherlly Wu 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...